Apa yang di Maksud dengan Promosi? Ada Berapa Jenis-jenis Promosi?

promosi

Promosi merupakan salah satu variabel yang dipakai untuk mempengaruhi pasar bagi suatu produk maupun jasa dari suatu perusahaan. Banyak yang berpendapat bahwa promosi itu sama dengan penjualan, bahkan ada pula yang berpendapat bahwa promosi itu merupakan bagian dari penjualan.

Menurut Kotler:
”Promosi adalah merupakan informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.”

Sedang menurut Swastha:

“Promosi dapat diartikan semua jenis kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mendorong permintaan”.

Pengertian promosi baik dari Kotler maupun dari Swastha, keduanya tidaklah saling bertentangan. Disatu pihak lebih menitikberatkan kepada penciptaan pertukaran, sedang di pihak yang lain lebih menitikberatkan kepada pendorongan permintaan.

Promosi merupakan salah satu variabel yang penting dalam pemasaran,yang merupakan suatu proses yang berlanjut. Adanya promosi dapat membantupihak-pihak yang terlibat dalam pemasaran untuk memperbaiki hubungan antarapemasar dan konsumen. Variabel ini sangat penting karena tanpapelayanan yang baik konsumen tidak akan merasa puas.

Kegiatan Promosi

Kegiatan promosi dalam prakteknya menurut Swastha (1995: 278) adalah sebagai alat untuk:

a. Modifikasi tingkah laku;

Orang-orang yang melakukan komunikasi itu mempunyai beberapaalasan, antara lain mencari kesenangan, mencari bantuan, memberikanpertolongan atau intruksi, pengembangan ide dan pendapat.

Sedangkan promosidari segi lain berusaha merubah sikap tingkah laku dan pendapat, sertamemperkuat sikap dan tingkah laku yang telah ada. Penjual sebagai sumberselalu berusaha menciptakan kesan yang baik yang ada pada dirinya(lembaganya) untuk mendorong peningkatan pembelian barang dan jasa yangditawarkan.

b. Pemberitahuan

Kegiatan promosi dapat ditujukan untuk memberitahu pasar yang ditujutentang penawaran hasil produk suatu perusahaan. Promosi yang bersifatinformasi ini harus dilakukan sejak tahap-tahap awal dari siklus kehidupanproduk.

Sebagian konsumen tidak akan membeli suatu produk, apabila merekabelum mengetahui apa bentuk produk tadi dan apa faedahnya produk tadi.Promosi yang bersifat informatif ini sangat penting dilaksanakan, karena akansangat terkesan membantu konsumen dalam memutuskan untuk membeli atautidak membeli.

c. Membujuk;

Promosi yang bersifat membujuk (persuasi) umumnya kurang disenangioleh sebagian masyarakat. Namun kenyataannya dewasa ini promosi yangbersifat persuasif ini malah tumbuh dan berkembang, karana hasilnya sangatmenguntungkan. Promosi ini terutama ditujukan untuk meningkatkan jumlahpembelian dari suatu produk yang telah mulai memasuki tahap pertumbuhandalam siklus kehidupannya.

d. Mengingatkan

Promosi yang bersifat mengingatkan dilakukan terutama untukmempertahankan merk suatu produk agar tetap diminati oleh para konsumen.Promosi macam ini sangat perlu dilakukan apabila produk tadi telah memasukitahap kedewasaan dalam siklus kehidupannya.