Trik Jitu Menulis Artikel yang SEO Friendly

Teknik atau cara menulis artikel SEO Friendly membutuhkan ketrampilan khusus. Artikel adalah konten yang penting untuk sebuah situs (blog) ataupun web. Tidak ada sebuah artikel yang SEO friendly, jadi sebuah web akan susah ter-upgrade untuk dapat menjadi nomor satu yang keluar pada halaman pertama Google. Untuk itulah, untuk Anda yang mempunyai sebuah situs (blog) atau website, Anda sekarang ini tengah memerlukan artikel yang berkualitas.

Untuk yang ingin tahu langkah buat artikel berkualitas dan langkah menulis artikel SEO friendly, maka di bawah ini beberapa cara yang dapat diterapkan :

Memakai Kata Kunci (Keyword) pada Judul Artikel

Peran sebuah judul sangat perlu, tidak cuma menolong supaya pembaca tertarik membaca tulisan yang kita buat, tetapi juga elemen pertama yang di crawl oleh Google. Hal semacam ini penting untuk memastikan topik satu artikel.

Nanti, kata kunci (keyword) tidak cuma berada di judul, namun, merata di tubuh artikel. Oleh karena itu, kata kunci (keyword) di judul juga membantu untuk membuat susunan artikel jadi runtut dan enak di baca. Mengapa demikian? Karna dengan begitu, isi artikel tidak akan melenceng dari topik utama yang dibicarakan pada judul.

Butuh diingat juga, kalau jangan karna ingin menguber kebutuhan SEO, lalu judul di buat dengan tidak logis, sampai dapat menyebabkan kesan aneh dan tidak enak di baca.

Memakai judul yang dapat mengundang click dari calon pembaca

Terkadang, yang memiliki situs (blog) atau web kesulitan membuat judul, karena harus penuhi prasyarat SEO, yaitu mempunyai kata kunci (keyword) di dalamnya, sampai kadang waktu isinya jadi rancu dan aneh. Ada solusi untuk problem ini, yaitu, kita bisa buat judul yang luwes hingga bisa mengundang klik.

Jumlah huruf dalam judul juga baiknya di perhatikan, yaitu tidak lebih dari 60 huruf, supaya tidak terpotong di halaman pencarian. Yang menjadi kunci di sini yaitu, buat judul yang luwes dan enak di baca sampai dapat mengundang click, karena nanti pengunjung akan membaca judul dan membaca gambaran artikel di search engine lewat tulisan Anda (snippet) sebelumnya masuk ke website atau situs (blog) Anda.

Artikel Panjang dan Dalam

Makin panjang artikel, jadi akan makin baik juga posisinya di search engine. Pendapat ini memang tidak seutuhnya benar, tetapi sangat mempunyai pengaruh. Akan lebih baik memang jika kita menulis artikel bukan hanya untuk penuhi keperluan SEO, sebaliknya artikel harus informatif dan sesuai dengan apa yang ingin di cari oleh pembaca, hingga pembaca akan selalu berkunjung ke situs (blog) dan web kita lagi di masa yang akan datang.

Maksud artikel yang panjang dan dalam yaitu tidak cuma panjang kata-katanya, tetapi juga dalam kajian topiknya, jadi tidak cuma membahas suatu hal di permukaan saja.

Memakai internal link

Diluar itu, langkah menulis artikel SEO friendly yaitu dengan memakai internal link atau link dalam satu website atau situs (blog). Untuk jumlah berapa banyak link, tak ada batasnya, seandainya artikel tetap dapat di baca dan luwes. Jangan pernah ada internal link malah melukai mata pembaca situs (blog) Anda, bila demikian, jadi Anda tidak berhasil buat artikel yang berdasarkan user experience.

Contoh situs yang mempunyai banyak internal link yaitu Wikipedia. Dalam satu halaman bisa ada puluhan internal link, tetapi mereka tidak memperoleh penalty dari Google. Jadi dapat diambil kesimpulan kalau internal link bisa di buat sebanyak mungkin untuk artikel situs (blog) atau web Anda dengan catatan artikel tetap enak di baca.

Saya salah satu dari beberapa Blogger atau Webmaster yang ada di indonesia. Saya fokus di Web Design, SEO, E-Commerce Strategy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here