Kekuatan Marketing di Media Sosial

Pengguna sosial media di Indonesia sekarang ini cukup tinggi. Tercatat pemakai akun facebook sejumlah 70 juta jiwa, pemakai twitter 20 juta jiwa belum lagi sosial media yang lain seperti path, instagram, youtube, Google+, Pinterest dan lain sebagainya. Ini berikan tanda yang baik kalau sosial media bisa jadi media marketing yang potensial.

Kekuatan Marketing di Media Sosial

Fenomena nongkrong sekarang ini jadi begitu tren. Nongkrong biasanya dilakukan di angkringan, cafe maupun kedai-kedai yang lagi booming di Indonesia. Nongkrong seolah sudah jadi pola hidup atau bisa jadi sebuah keperluan. Kata anak muda jaman sekarang, agar terlihat kekinian. Tetapi banyak saat nongkrong dan kumpul masing masing orang masih tetep mantengin handphone sibuk bersosialita didunia online. Ambil photo, unggah photo, menulis testimony bahkan cuma check in. Ini baru namanya kekinian guyz.

Lihat trend masyarakat yang jadikan sosial media konsumsi harus sehari hari. Di sini kita akan mengulas bagaimana sosial media bisa jadi kekuatan dalam dunia marketing. Kita pusatkan pada potensi sosial media dan marketing. MEDIA SOSIAL DAN MARKETING. Jadi yang memiliki usaha harus mengetahui dan mempraktekan kiat tersebut untuk mendongkrak keberlanjutan usaha anda dalam pemasaran.

Konsisten

Jika anda pebisnis baru, di mana usaha anda baru jalan beberapa waktu, dengan sosial media yang anda punya konsisten. Jika anda sudah mengambil keputusan untuk melakukan strategi pemasaran dengan media online, tetaplah aktif. Pasang status dengan berkala berkait dengan usaha anda. Jawab komentar komentar yang masuk, balas pesan masuk dan rajin rajin memonitor perubahan media sosial usaha anda.

Tentukan Target

Dalam usaha pasti harus ditetapkan target atau sasaran yang dituju, baik tujuan pengunjung, fans, tujuan penjualan atau tujuan jumlah followers. Dari target sasaran yang jelas maka anda akan dapat membuat alur untuk type content yang cocok, dengan waktu publikasi yang pas.

Perencanaan dan Tujuan

Menjalankan pemasaran dengan sosial media pasti anda harus kaya inspirasi dan inovasi. Buat perencanaan untuk konten-konten yang akan dipublikasikan, hari pertama, hari ke-2, akhir minggu dan hari yang lain. Sesuaikan selera/trend yang sedang in di masyarakat. Pemberian potongan harga, harga spesial dan promo perlu dimasukan dalam daftra rencana pemasaran anda. Kiat pemasaran ini bisa anda sebar lewat update teratur pada sosial media.

Akun Khusus

Dalam memasarkan produk/jasa usaha anda, pergunakanlah akun khusus dengan nama usaha anda. Jangan dicampur dengan saya pribadi. Saya pribadi juga dapat lakukan promosi dengan melakukan share. Setiap publikasi berkaitan usaha anda, pergunakanlah akun khusus perusahaan. Tunjukkan profesionalitas pada akun anda seperti memasukkan alamat yang jelas, kontak person, website dan deskripsi dari usaha yang anda promosikan lewat akun itu.

Jangan Sampai Followers Bosan

Menjejali info penjualan saja setiap hari mungkin saja membuat followers anda bosan dan meninggalkan anda. Kadang-kadang selingilah publikasi anda dengan artikel menarik, tips berguna yang memberi jalan keluar pada problem sehari hari, tetapi janganlah melenceng jauh dari produk/jasa yang anda pasarkan. Untuk hindari kebosanan pengunjung buat publikasi yang inovatif. Gabungkan pada gambar, video, contoh yang membuat pengunjung betah.

Komunikasi 2 Arah dan Follow up

Dalam media sosial harus terjadi komunikasi dua arah. Jika ada komentar maupun pesan dari pengunjung balaslah dengan sopan. Jikapun anda menerima komplain dan hujatan tetaplah profesional dalam memakai akun usaha anda. Janganlah membuat citra jelek karna terpancing oleh emosi sesaat. Berikan respon yang baik yaitu salah satu perhatian dan komunikasi baik anda kepada masyarakat.

Bentuk Tim dan Beriklan

Aktivitas marketing dengan sosial media akan terukur dan terlalu fokus jika mempunyai tim khusus yang mengerjakannya. Jika anda dapat lakukan dengan sendiri semakin bagus, asal tetaplah konsisten. Janganlah membuat citra jelek dengan service yg tidak berkepanjangan. Jika anda mempunyai dana khusus untuk marketing, pakai untuk kegiatan beriklan. Bisa gunakan facebook ads untuk mengarah ke target anda.

Evaluasi

Tahap evaluasi harus teratur dikerjakan untuk mengetahui seberapa jauh perubahan pemasaran anda. Kaji banyak hal yang masih kurang lalu tingkatkan, atau jika ada kesibukan yg tidak perlu dalam pemasaran dapat di hilangkan. Tahap evaluasi begitu baik jika melibatkan beberapa orang hingga beragam input bisa dijadikan pertimbangan.

Sosial media yang merupakan konsumsi wajib masyarakat sudah dapat jadi media marketing yang potensial. Ingat kerjakan langkah langkah yang perlu diingat supaya sosial media bisa jadi kemampuan marketing dalam usaha anda. Jangan sampai takut untuk coba dan berupaya, takutlah jika anda jadi menyesal karna tidak melakukan apa apa.

Saya salah satu dari beberapa Blogger atau Webmaster yang ada di indonesia. Saya fokus di Web Design, SEO, E-Commerce Strategy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here