Mencari Visitor dengan Memasang Iklan Di Internet dan di Televisi

cara membuat iklan di internet

Salah satu teknik mencari visitor adalah dengan memasang iklan. Periklanan adalah usaha untuk menyebarluaskan informasi agar dapat mendorong transaksi pembeli dan penjual.
Ada sejumlah alasan mengapa perusahaan memasang iklan di internet.

Alasan pertama karena para penonton televisi mulai berpindah ke internet. Oleh karena itu media iklan harus mengikutinya dengan asumsi bahwa tujuan periklanan manapun adalah untuk menjangkau target audiensnya secara efektif dan efisien.

Para pengiklan mengakui bahwa mereka harus melakukan penyesuaian perencanaan pemasarannya untuk terus mengejar peningkatan jumlah orang yang menghabiskan waktu didepan komputer on line, karena biasanya dia meninggalkan media yang lain. Alasan lain mengapa periklanan pada e-commerce berkembang demikian pesat adalah:

  1. Iklan dapat di update setiap waktu dengan biaya minimal, oleh karena itu iklan-iklan di intenet selalu bisa tampil baru.
  2. Iklan dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan global.
  3. Iklan internet dapat mencapai banyak sekali calon pelanggan potensial di seluruh dunia, kadang lebih murah jika dibandingkan dengan iklan cetak, radio, atau TV.
  4. Iklan pada e-commerce dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik dan animasi.

Iklan di internet dapat dibuat interaktif dan dibidikkan ke kelompok-kelompok tertentu atau perorangan.

Metode iklan

Banner

Banner adalah papan reklame elektronik, yang biasanya berisi teks singkat atau pesan grafis untuk mempromosikan produk atau penjual.Terdapat dua jenis banner:

  • Banner kata kunci (keywordbanner) yang muncul ketika kata yang ditentukan diminta dalam mesin pencari
  • Banner acak yang muncul secara acak.

Pop up

Pop up adalah iklan yang secara otomatis akan aktif jika ada pemicunya dan muncul di depan jendela yang aktif.

Pop up Under

Pop up under adalah iklan yang secara otomatis akan aktif jika ada pemicunya dan akan muncul di bawah jendela yang aktif; ketika pengguna menutup jendela yang aktif, akan melihat iklan tersebut.

Iklan e-mail

Iklan e-mail berkembang sebagai periklanan internet dan saluran pemasaran.

Isu dan Pendekatan Periklanan Elektronik

  1. Spamming merupakan distribusi sembarang (tidak pandang bulu) iklan elektronik tanpa ijin dari penerimanya.
  2. Pemasaran berijin (permission marketing) adalah metode pemasaran yang meminta para pelanggan memberikan ijin agar mereka secara sukarela menerima iklan dan e-mail online.
  3. Pemasaran berantai (viral marketing) adalah pemasaran “mulut ke mulut secara online”

Dalam membuat iklan online maka sebelumnya harus menganalisis dan mengevaluasi web traffic. Seberapa banyak visitor yang mengunjungi web tersebut, agar tidak rugi ketika akan membuat iklan di e-commere.

Semakin banyak orang yang melihat iklan kita, maka akan semakin banyak orang tersebut yang mengunjungi web/blog kita. Hal ini berarti bahwa semakin sering web/blog kita dilihat orang, maka akan semakin besar jumlah kemungkinan adanya pembeli untuk produk bisnis online yang kita tawarkan. Dan hal inilah yang meng-HARUS-kan Anda untuk menampilkan promosi Anda ke sebanyak mungkin sarana iklan.